Thursday, November 19, 2015

Kunjungan Ketua Koperasi Kepada Petani Organik Malingping

Kemarin hari Rabu, 11 November 2015, TIM Dari Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KPBN) melakukan kunjungan kerja ke Paguyuban Petani Organik Malingping khsusnya kepada Kelompok Tani Organik Tunas Mekar Malingping. Dalam kunjungannya Bpk. H. Sutrisno menyampaikan visi dan misi mengenai koperasi KPBN. Bahwa dengan adanya koperasi dan tergabung ke dalam anggota koperasi banyak keuntungan yang akan diperoleh bagi para petani organik khsusnya di wilayah Malingping dan sekitarnya.
Petani tidak perlu lagi khawatir akan kebutuhan pupuk organik, sebab Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KPBN) akan menghandel kebutuhan pupuk bagi para anggota koperasi dengan mengirimkan bantuan pupuk yang nantinya akan di tampung di rumah salah satu ketua kelompok tani, termasuk kebutuhan akan obat pertanian dan kebutuhan bibit. Koperasi juga akan memfasilitasi akan alat pertanian guna pembukaan lahan pertanian.

Menutur Ketua Kelompok Tani Organik Tunas Mekar, Bpk. Kumih, para petani organik malingping khsusnya desa rahong dan bolang sangat atusias dengan program yang diusung oleh koperasi. Kami yakin bahwa program pertanian organik di malingping ini akan berjalan dengan baik, dan akan meningkatkan hasil pertanian di desa kami, tuturnya. Sebab dalam bertani organik ini, dari Koperasi menerjunkan langsung tenaga ahli pertanian dari pusat untuk membantu, mengarahkan dan memantau para petani dalam mengolah pertaniannya.

Kami diberikan buku panduan cara bertani organik menggunakan pupuk Organik Herba Farm Produksi dari PT. Sidomuncul Pupuk Nusantara, bagaimana cara memperlakukan benih, mengolah tanah dan merawat tanaman padi kami sehingga hasilnya nanti dapat maksimal. Dengan hasil yang maksimal maka kesejahteraan para petani tentu juga akan lebih meningkat.

Menurut Ketua Kelompok Tani Organik Bpk. Kumih, petani saat ini juga tidak merasa kawatir akan harga padi nantinya, sebab kami sudah mengadakan kesepakatan dengan koperasi bahwa hasil panen kita nanti akan di tampung dan dibeli oleh koperasi dengan harga standart pasaran yang ada, tukasnya.

Kelompok Petani Organik ini hadir dan tergabung didalam Paguyuban Petani Organik, sebab para petani ingin meningkatkan hasil pertanian padinya, dan satu visi dan misi yaitu ingin mensejahterakan para petani, khususnya para petani diwilayah Malingping.

Dalam Kunjungan kali ini beliau langsung terjun ke lokasi lahan pertanian, ingin melihat langsung lokasi sawah kami. beliau banyak memberikan masukan kepada kami mengenai bagaimana pengaturan irigasi yang baik, dan bagaimana caranya penanggulangan Hama pada tanaman padi terutama hama padi yang disebabkan oleh keong yang sangat meresahkan kami semua.

0 comments:

Post a Comment