Thursday, January 7, 2016

Penanaman Padi Sistem Organik Serempak Desa Rahong Malingping

Dalam Kegiatan Penanaman Padi Organik Serentak di Malingping
Kemarin Tanggal 04 Januari 2016 Peguyuban Petani Organik Malingping asuhan Dede Hikmat bersama Kelompok Petani Organik Malingping dan KPBN Melakukan Penanaman Padi Organik Secara Serentak di Desa Rahong Kecamatan Malingping. Lebak Banten.
Lounching Penanaman Padi Sistem Organik Serempak di Malingping.

Paguyuban Petani Organik Malingping bersama Kelompok Petani Organik Desa Rahong kemarin tanggal 04 Januari 2016 melakukan penanaman padi sercara serentak oleh keluarga besar peguyyuban petani organik.
Dalam Acara Penanaman Padi Sistem Organik tersebut dihadiri oleh Dinas Pertanian Baik Pusat Daerah, juga dihadiri Duta Organik dari Kuba Amerika memberikan dukungan atas terlaksananya program pertanian sistem organik ini.



Ketua Koperasi KPBN, Dinas Pertanian Provinsi Banten dan
 Duta Organik dari KUBA 
Dari Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten dihadiri oleh Bpk Cecep Herry SIP yang pada sambutannya sangat mendukung program pertanian sistem organik pada Paguyuban Petani Organik Malingping dibawah binaan Koperasi Pelestari Budaya Nusantara, selama program tersebut demi meningkatkan hasil pertanian para petani guna menuju kesejahteraan para petani sendiri, dari pemerintahan siap mendukung. Apalagi ini menggunakan sistem organik yang memang sedang digalakan di Provinsi Banten.
Menurut Dede Hikmat Sebagai Pencetus dan Ketua dari Paguyuban Petani Organik sangat prihatin dengan hasil pertanian para petani akhir-akhir ini yang dari tahun ketahun hasilnya kurang maksimal, disebabkan oleh berbagai faktor antara lahan pertanian yang sudah mulai tandus dan gersang disebabkan oleh residu dari kimia yang dipergunakan oleh petani selama ini membuat tanah pertanian menjadi gersang, untuk itu Dede Hikmat bersama keluarga besar Paguyuban Petani Organik Malingping ingin memperbaiki hasil pertanian dan memperbaiki lahan pertanian dengan menggunakan pupuk Organik. Mulai tahun ini kami dari Keluarga Besar Paguyuban Petani Organik akan menggunakan pupuk organik dari BioFarm Produksi dari PT. Sidomuncul Pupuk Nusantara, katanya.
Penanaman Padi Sistem Organik Secara Simbolik
Dede Hikmat juga menerangkan mengenai sistem irigasi yang kurang optimal di wilayah malingping sini, Sebab sistem Irigasi merupakan faktor yang penting bagi peningkatan hasil pertanian disamping Pupuk dan Bibit.
Kami keluarga besar Petani Organi Malingping dan Kelompok Petani Organik desa rahong mengucapkan terima kasih Kepada Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KPBN) Bpk. H Sutrisno yang telah sudi membantu kami para petani dengan memberikan bantuan pupuk organik BioFarm.
Masih Menurut Dede Hikmat, kami Keluarga Besar Petani Organik sangat yakin bahwa hasil pertanian tahun ini akan meningkat dari tahun sebelumnya sebab dalam hal penanaman dan pemeliharaan tanaman padi kami di dampingi tenaga ahli pertanian yang siap terjun langsung mendampingi petani dalam hal penggunaan pupuk organik ini. Bahkan dalam kegiatan ini hadir pula Duta Organik dari Kuba Amerika yang memberikan dukungan penuh dalam terlaksananya kegiatan kami bersama keluarga besar paguyuban petani organik malingping tukasnya.

Dede Hikmat, Ketua KPBN, Distanak Prov Banten dan Kabupaten
Tak lupa pula Dede Hikmat mengucapkan terima kasih kepada jajaran Instansi Pemerintah bidang pertanian, Dari Dinas Pertanian Provinsi Banten, Dinas Pertanian Kabupaten Lebak,  Bapak Camat Malingping, Koramil Malingping, UPT Pertanian Malingping dan Bapak Kepala Desa Rahong dan Seluruh Keluarga Besar Petani Organi Organik dan Kelompok Petani Organik desa Rahong yang turut serta dalam mensukseskan program pertanian sistem organik ini.
Untuk Tahun ini, program yang akan jalankan disamping menggunakan pupuk organik juga kami akan berusaha melakukan perbaikan saluran irigasi, irigasi sodetan bersama seluruh komponen terutama dukungan dari pemerintah guna meningkatkan hasil pertanian para petani.
Para Petani sangat antusias dengan program ini, dan kami akan terus memantau dan memberikan pendampingan secara intensif kepada para petani, dan Sekretariat Kami selalu terbuka bagi para petani untuk melakukan konsultasi seputar pertanian.
Kami hampir setiap malam melakukan pertemuan dengan para anggota walau sebenanya dilakukan setiap 1 Minggu satu kali setiap malam sabtu. Karena rasa keingin tahuan petani akan pupuk organik ini maka hampir setiap malam sekretariat kami selalu ramai oleh para anggota yang datang dan berbincang seputar pertanian organik, tukasnya.

Konsultan Pertanian Organik

Hendi Suhendi Kecamatan Malingping Memberika Sambutan

Haris BP3K Malingping
Ir. Cecep Herry Sip Distanak Prov Banten

Yuri Duta Organik dari Kuba Amerika
Memberika Dukungan kepada Paguyuban Petani Organik Malingping


Kepala Desa Rahong Ubed Juabaedin Memberikan Sambutan dalam
Kegiatan Penanaman Padi Organik desa Rahong








0 comments:

Post a Comment